Skripsi
STUDI TERHADAP PERAN LAYANAN INFORMASI DALAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
TRIYONO, 2012. NPM. 11075006. Judul ‘Studi Terhadap Peran Layanan Informasi Dalam Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012”. Pembimbing I : Dr. Maufur, M. Pd Pembimbing II : Dr. Dino Rozano.
Kata Kunci : Peran Layanan Informasi dan Peningkatan Prestasi belajar.
Permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah kurangnya peran layanan informasi disekolah sehingga peserta didik kurang informasi yang berdampak pada menurunnya prestasi belajar peserta didik.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, yaitu dengan cara menguji rumus statistic. Hal tersebut sangat relevan dengan tujuan penelitian yang penulis cantumkan yaitu 1) Mengetahui pelaksanaan layanan informasi dalam bimbingan belajar pada peserta didik, 2) Mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP PGRI Bulakamba Kabupaten Brebes dan 3) Mengetahui peran layanan informasi dalam bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik. Olehkarena itu manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai acuan dalam pelaksanan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar.
Pendekatan teori yang digunakan meliputi hal – hal yang terkait dengan permasalahan konsep peran layanan informasi bimbingan belajar, konsep peningkatan prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat sampling, dengan subjek penelitiannya berjumlah 40 peserta didik. Data yang dihasilkan dari penyebaran angket baik pada responden try out ataupun pada penelitian menunjukan valid dan reliabilitas.
Berdasarkan hasil analisis Pearson Product Moment (PPM) dapat disimpulkan terdapat peran yang positif dan signifikan Peran Layanan Informasi Dalam Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012”. Dari hasil perhitungan diatas menghasilkan nilai rhitung = 0,885 setelah dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 1% dengan N 40 = 0.403. Maka rhitung > r tabel (0,885 > 0,403) (t.s 1%). Sedangkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan peran layanan informasi adalah Baik (20%), sedangkan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah Sedang (30%).
Dengan demikian hipotesis yang diajukan bahwa ada peran Layanan Informasi Dalam Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI Bulakamba Kabupaten Brebes dinyatakan diterima.
Saran yang penulis ingin sampaikan adalah Kepada guru bimbingan dan konseling (BK) disekolah dapat meningkatkan peran layanan informasi bimbingan belajar sehingga peserta didik dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
BK0312008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain