Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi penelitian pada kelas VII Semester Gasal SMPN 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012)
ABSTRAK
MARDIYANAH, SITI. 2012. “Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa ( Studi Penelitian pada Kelas VII Semester Gasal SMPN 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Pendidikan Matematika. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. A. Nina Rosana C, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : CIRC, Minat belajar, Hasil belajar, Manova
Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMPN 2 Kramat Kabupaten Tegal sebanyak 301 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sampel diambil sebanyak 172 siswa, terpilih kelas VII C dan VII H sebanyak 68 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A dan VII G sebanyak 68 siswa sebagai kelas kontrol, kelas VII F sebanyak 36 siswa sebagai kelas uji coba. Dalam penelitian ini model CIRC sebagai variabel bebas. Hasil dan minat belajar siswa sebagai variable terikat.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi, tes, dan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai ujian tengah semester mata pelajaran matematika Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode tes untuk memperoleh hasil tes belajar siswa pada pokok bahasan SPLSV dan SPTLSV. Metode angket untuk memperoleh informasi minat belajar siswa.
Nilai ujian tengah semester mata pelajaran matematika digunakan untuk menguji kesetaraan sampel. Hasiltes yang diperoleh digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian dengan uji MANOVA, setelah terpenuhinya uji prasarat normalitas dan homogenitas.
Dari hasil analisis uji MANOVA dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC memberikan tingkat keefektifan yang lebih baik terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Kramat Tahun pelajaran 2011/2012 dibandingkan model pembelajaran ekspositori.
MIPA0312014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain