Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK ( Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2010/2011 )
ABSTRAK
ARIS, ZAENUL. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Heuristik melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Kubus dan Balok (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2010/2011) Skripsi. Pendidikan Matematika. HJ. Isnani, M.Si. Drs. Yuli Witanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Heuristik Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing.
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah penelitian ini bertujuan : 1). Untuk membuktikan adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional jika diterapkan pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Balapulang tahun pelajaran 2010/2011. 2). Untuk membuktikan manakah yang lebih tinggi prestasi belajar matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional jika diterapkan pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Balapulang tahun pelajaran 2010/2011 .
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 1 Balapulang tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan Sampel dari penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster random sampling yaitu dengan mengambil 5 kelas secara acak dari 8 kelas siswa SMP Negeri 1 Balapulang kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2010/2011, yang terdiri dari 40 siswa kelas uji coba yaitu pada kelas VIII E, 77 siswa kelas eksperimen yaitu pada kelas VIII A dan VIII D, dan 79 siswa kelas kontrol yaitu kelas VIII B dan VIII C. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentsi dan tes. Hipotesis diuji menggunakan rumus t-test.
Hasil penelitian dengan judul keefektifan model pembelajaran heuristik melalui pendekatan penemuan terbimbing pada siswa SMP Negeri 1 Balapulang Tegal tahun Pelajaran 2010/2011, maka diperoleh : 1). Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Heuristic Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII semester Genap SMP Negeri 1 Balapulang tahun pelajaran 2010/2011 pada materi kubus dan balok. 2). Model Pembelajaran Heuristik Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing lebih efektif jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII semester Genap SMP Negeri 1 Balapulang tahun pelajaran 2010/2011 pada materi kubus dan balok
MIPA0312015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain