Skripsi
“PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK” (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 MTs Nurul Ulum Semiliran Bantarbolang Tahun Pelajaran 2011 / 2012)
ABSTRAK
SRI ENDANG SUCIATI. “Pengaruh Penggunaan Media Chart terhadap Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Konstruktivisme pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII Semester 1 MTs Nurul Ulum Semiliran Bantarbolang Tahun Pelajaran 2011 / 2012”. Pembimbing I Munadi, M.Si dan Dr. Ponoharjo M.Pd. Skripsi program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Media chart, prestasi, anakova
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penggunaan media chart terhadap prestai belajar matematika pada kompetensi bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas VIII semester ganjil MTs Nurul Ulum Semiliran Bantarbolang tahun pelajaran 2011 / 2012 . (2) Apakah penggunaan media chart melalui pembelajaran konstruktivisme lebih efektif terhadap prestasi hasil belajar siawa.
Penelitian ini mengambil tempat di MTs Nurul Ulum Semiliran Bantarbolang. Populasidal;am penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang terbagi dalam 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan cara cluster random sampling. Jumlah siswa kelompok media chart sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal dan prestasi hasil belajar matematika.
Hasil penelitian dengan menggunakan anakova menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan penggunaan media chart terhadap prestai belajar matematika pada kompetensi bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas VIII semester ganjil MTs Nurul Ulum Semiliran Bantarbolang tahun pelajaran 2011 / 2012. (2) penggunaan media chart melalui pembelajaran konstruktivisme lebih efektif terhadap prestasi belajar siswa.
MIPA0312016 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain