Skripsi
EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU DALAM MEWUJUDKAN PRIBADI MANDIRI PADA PESERTA DIDIK MTs MA’HADUT THOLABAH BABAKAN KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas VIII)
ABSTRAK
RIJAL, AHMAD SYAMSU, 2012. NPM. 1106500288. Skripsi dengan judul : “Efektivitas Konseling Individu Dalam Mewujudkan Pribadi Mandiri Pada Peserta Didik MTs Ma’hadut Tholabah Babakan Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 (Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas VIII)” Pembimbing I : Dr. Dino Rozano, M.Pd., Pembimbing II : Drs. Sukoco, KW, M.Pd.
Kata kunci : konseling individu, pribadi mandiri
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pribadi mandiri sangat diperlukan agar peserta didik dapat menyelesaikan studinya dengan baik, agar kelak bisa mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak. Salah satu masa penting dalam pembentukan pribadi adalah dari masa remaja. Di sinilah pentingnya peran bimbingan dan konseling dalam mewujudkan pribadi mandiri peserta didik agar dapat memberikan bantuan dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan.
Permasalahan skripsi ini adalah sejauhmana efektivitas konseling individu dalam membantu mewujudkan pribadi mandiri pada peserta didik kelas VIII MTs Ma’hadut Tholabah Babakan Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk konseling individu yang dapat mewujudkan pribadi mandiri, untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling individu terhadap kepribadian dan tingkah laku peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling individu terhadap terwujudnya peserta didik yang berpribadi mandiri.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif-korelasional, yaitu mencandra gejala yang ada untuk mengetahui perbedaan pribadi mandiri peserta didik sebelum dan setelah diberikan konseling individu pada peserta didik.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik MTs Ma’hadut Tholabah Babakan Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sejumlah 215 sedangkan sampel yang diambil adalah 30 peserta didik. Adapun sampling yang digunakan adalah cluster random samping. Teknik Pengumpulan yang digunakan adalah angket atau kuesioner, observasi, interview / wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk konseling individu yang dapat mewujudkan pribadi mandiri adalah konseling yang memperhatikan dan memenuhi kriteria konseling individu yang baik, terdapat hubungan yang signifikan antara layanan konseling individu terhadap kepribadian dan tingkah laku peserta didik berupa kepribadian peserta didik yang mandiri, dan terdapat hubungan yang signifikan dari pemberian layanan konseling individu terhadap terwujudnya peserta didik yang berpribadi mandiri dengan nilai 0,416 yang lebih besar daripada nilai tabel pada taraf signifikan 5% (0,361) yang artinya Ha yang diajukan diterima.
Saran penelitian yang diberikan adalah agar sekolah dalam hal ini guru bimbingan dan konseling berusaha untuk memberikan layanan konseling individu dengan memanfaatkan jam bimbingan dan konseling secara efektif.
BK0312010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain