Skripsi
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADASISWA KELAS XI SMK PUSPONEGORO BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
Nunung Nurjanah, 2012. “Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI SMK Pusponegoro Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah. Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Sutji Muljani, M.Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Motivasi Berpengaruh Pada Prestasi
Pendidikan Nasional pada hakekatnya adalah pendidikan manusia Indonesia seutuhnya, yang meliputi pendidikan jasmani dan pendidikan rohani. Sebagai mana diketahui bahwa pilar utama pendidikan terutama pada pendidikan formal di sekolah adalah adanya guru, siswa, kurikulum dan saranan penunjang. Unsur-unsur tersebut menjadi unsur utama dalam mencapai tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosi peserta didik. Salah satu unsur utama pendidikan yaitu siswa sebagai subyek sekaligus obyek pendidikan sangat mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu peran aktif siswa dalam proses pendidikan sangat penting, terutama dalam hal ini adalah motivasi belajarnya.
Berdasarkan hasil penelitian awal yang penulis lakukan di SMK Pusponegoro Brebes diperoleh keterangan bahwa prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ternyata bervariasi, ada yang baik, cukup, dan kurang. Bervariasinya prestasi belajar tersebut ternyata dipengaruhi oleh berbagai faktor yang salah satunya adalah faktor motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian dimaksudkan untuk mengetahui data mengenai motivasi belajar siswa, data mengenai prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia dan data mengenai pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya siswa kelas XI SMK Pusponegoro Brebes.
Motivasi belajar siswa pada dasarnya adalah dorongan untuk belajar bagi siswa. Motivasi akan membangkitkan minat siswa untuk belajar lebih baik. Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor intern yaitu faktor dari dalam diri siswa dan faktor ekstern yang berasal dari pengaruh hal-hal yang berada di luar siswa.
Dalam penyusunan skripsi ini diperlukan dua data, yaitu data teoritik yang diperoleh dari buku literature yang berhubungan dengan materi skripsi sebagai sumber rujukan, dan data empirik yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket terhadap obyek penelitian.
Simpulan penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa terhadap memperoleh nilai r mencapai 0.847 (positif) artinya bahwa dua variabel (motivasi belajar dan prestasi belajar siswa) tersebut saling memengaruhi dengan kuat dan searah. Artinya bahwa motivasi belajar memengaruhi prestasi belajar siswa.
PBSI0312010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain