Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL PENYESUAIAN DIRI DAN BAKAT SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN AJARAN 2011/2012
ABSTRAK
ISLAMIYATI, IIS. 2012. Pengaruh Kemampuan Verbal, Penyesuaian Diri, dan Bakat Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Semester I SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si. Drs. Suwandono, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Verbal, Penyesuaian diri, Bakat, Prestasi
Dengan didukung teori Howard Gardner yang mengatakan setiap anak dapat memiliki kecerdasan berganda, tetapi pada masing-masing mereka ada aspek-aspek yang paling menonjol atau bahkan ada jalinan antar aspek kecerdasan tersebut dikarenakan anak tersebut memiliki berbagai kecerdasan sekaligus beserta beberapa alasan lain yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) ada tidaknya pengaruh kemampuan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) ada tidaknya pengaruh bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 4) ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa, 5) ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal dan bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 6) ada tidaknya pengaruh kemampuan penyesuaian diri dan bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan 7) ada tidaknya pengaruh kemampuan verbal, penyesuaian diri dan bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Semester I SMA Negeri 3 Brebes
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 3 Brebes sebanyak 294 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 73 siswa yaitu diperoleh dari kelas X 3 dan X 5. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara: 1) kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) kemampuan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 4) kemampuan verbal dan kemampuan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa, 5) kemampuan verbal dan bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 6) kemampuan penyesuaian diri dan bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan 7) kemampuan verbal, kemampuan penyesuaian diri dan bakat siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X semester I SMA Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2011/2012.
MIPA0312017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain