Skripsi
PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Siswa Kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 1 Tegal Pada Materi Pokok Teorema Pythagoras Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
ARIFIANTO SYAMSUL. 2012. “Perbandingan Keefektifan Metode Examples Non Examples (ENE) Dan Metode Problem Solving (PS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Siswa Kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 1 Tegal Pada Materi Pokok Teorema Phytagoras Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. M. Shaefur Rokhman, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Examples Non Examples (ENE), Problem Solving (PS), Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 1 Tegal pada model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples (ENE) dengan prestasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving (PS), (2) Apakah prestasi siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 1 Tegal pada model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples (ENE) lebih baik daripada siswa yang diajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Problem Soving (PS).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 1 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 123 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis kovarians (Anakova). Dengan terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat untuk mengetahui pengaruh skor IQ terhadap prestasi belajar, uji homogenitas koefisien regresi untuk menguji kesejajaran model regresi dari kelompok eksperimen, uji linieritas model regresi untuk menguji apakah skor IQ siswa dan prestasi belajar siswa berhubungan secara linear, uji Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan antara prestasi belajar siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 1 Tegal pada model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples (ENE) dengan prestasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving (PS), (2) Prestasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples (ENE) lebih tinggi daripada prestasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving (PS) bagi siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah 1 Tegal.
MIPA0312018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain