Skripsi
PENGARUH LAYANAN INFORMASI BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP KREATIFITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
SAHAL BIRIN. 1107500680. 2012. Judul Skripsi Pengaruh Layanan Informasi Berbantuan Komputer Terhadap Kreatifitas Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS. MM. Dr. Maufur. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Layanan Informasi Berbantuan Komputer, Kreatifitas
Dari latar belakang masalah dapat diketahui bahwa permasalahan dalam penelitian ini, apabila ada mata pelajaran Bimbingan dan Konseling khususnya dalam bidang Layanan Informasi, mereka merasa bosan karena penyajian hanya menggunakan metode ceramah. Dengan alasan tersebut penulis menelaah adakah Pengaruh Layanan Informasi Berbatuan Komputer Terhadap Kreatifitas. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Pengaruh Layanan Informasi Berbantuan Komputer Terhadap Kreatifitas Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi.
Dengan didukung landasan teori tentang layanan informasi berbantuan komputer, kreatifitas dan hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : ada pengaruh yang yang siqnifikan antara Layanan Informasi Berbantuan Komputer Terhadap Kreatifitas Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi. Variabel penelitian adalah layanan informasi berbantuan komputer sebagai variabel bebas dan kreatifitas sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan teknik belah dua (split half). Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan korelasi product moment.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 352 responden sehingga penulis mengambil sebanyak 42 yang didapat dengan cara random sampling karena teknik ini memberi kesempatan semua peserta didik untuk menjadi sampel penelitian. Sedangkan kelompok kontrol diambil dari SMP Negeri 2 Suradadi, dengan alasan tempat tersebut mempunyai karakteristik lingkungan dan problem hidup yang sama.
Berdasarkan analisis data dengan product moment diperoleh rhitung sebesar 0,594 dimana rtabel pada taraf siqnifikan 5% dengan N 42 yaitu 0,304. Maka dapat disimpulkan bahwa rxy>rtabel atau 0,594>0,304 artinya terdapat pengaruh layanan informasi berbantuan komputer terhadap kreatifitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa adanya layanan informasi berbantuan komputer mengalami kreatifitas yang lebih baik. Saran yang diharapkan agar layanan informasi berbantuan komputer dalam meningkatkan kreatifitas dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi, pihak sekolah juga diharapkan dapat memberikan fasilitas yang lebih baik dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam bidang layanan informasi.
BK0312011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain