Skripsi
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN NUMBERED HEAD TOGETHER MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
FARKHAN, ACHMAD. 2012. “Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan strategi Student Team Heroic Leadership dan Numbered Head Together Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Sakti Tegal. Pembimbing 1 : A. Nina Rosana C., M.Si, Pembimbing II : Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si.
Kata Kunci : Pembelajaran Student Team Heroic Leadership dan Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keefektifitasan pada penerapan model pembelajaran Student Team Heroic Leadership dengan Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa dalam pemecahan masalah matematika materi bangun ruang. Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, dirumusksn hipotesis sebagai berikut : Terdapat perbedaan keefektifitasan terhadap hasil belajar yang menggunakan strategi student team heroic leadership dan numbered head together pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tegal. Jumlah populasi sebanyak 213 siswa. Jumlah sampel adalah 72 siswa. Sampel terdiri dari dua kelompok, tiap kelompok terdiri dari 36 siswa. Kelompok 1 adalah kelas VIII B, siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Team Heroic Leadership (STHL), dan kelompok II adalah kelas VIII D, siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian, terdiri dari 10 soal dan dikerjakan dalam waktu 90 menit. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument, penulis menguji cobakan instrument dengan memberikan tes kepada 35 siswa, yang mempunyai kompetensi yang sama sebagai sampel penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t
Hasil analisa data menunjukan bahwa thitung 2,14 dengan dk 35 dan taraf signifikansi 5%, diperoleh ttabel 1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel; 2,14 > 1,67), karena thitung lebih besar dari pada ttabel, jadi hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dari analisa diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Student Team Heroic Leadership lebih baik dari pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada sub pokok bahasan Bangun Ruang Sisi datar (Kubus dan Balok) pada siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
MIPA0312020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain