Skripsi
STUDI KOMPARATIF KEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
ABSTRAK
MUSTHOFA ALI, SHOVA. 2012. “Keefektifan Studi Komparatif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Student Team Heroic Leadership Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negei 3 Pangkah, Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Eleonora Dwi, M.Pd, Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si.
Kata Kunci : Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan STHL, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan Student Team Heroic Leadership terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, dirumuskan hipotesis sebagai berikut : Ada Perbedaan hasil belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan Student Team Heroic Leadership pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 3 Pangkah tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pangkah, kabupaten Tegal. Jumlah populasi sebanyak 247 siswa. Jumlah sampel adalah 83 siswa. Sampel terdiri dari dua kelompok, kelompok pertama terdiri dari 41 siswa dan kelompok kedua terdiri dari 42. Kelompok 1 adalah kelas VII C, siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), dan kelompok II adalah kelas VII B, siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Heroic Leadership (STHL).
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian, terdiri dari 15 soal dan dikerjakan dalam waktu 80 menit. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument, penulis menguji cobakan instrument dengan memberikan tes kepada 41 siswa, yang mempunyai kompetensi yang sama sebagai sampel penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t
Hasil analisa data menunjukan bahwa thitung 2,05 dengan dk 81 dan taraf signifikansi 5%, diperoleh ttabel 1,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel; 2,05 > 1,99), karena thitung lebih besar dari pada ttabel, jadi hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dari analisa diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik dari pembelajaran model kooperatif tipe Student Team Heroic Leadership dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan Bentuk Aljabar pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 3 Pangkah tahun pelajaran 2011/2012.
MIPA0312021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain