Skripsi
PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMATANGAN EMOSI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
SUGONDO. NPM. 1108501128. 2011. “Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Kematangan Emosi Peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Konseling Kelompok, Kematangan Emosi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kondisi kematangan emosi peserta didik. 2) mengetahui penerapan konseling kelompok. 3) mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap kematangan emosi peserta didik.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan secara deskriptif korelasional. Populasi berjumlah 120 peserta didik. Sedangkan sampel 24 peserta didik, teknik cluster sampling secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Pengujian analisis dengan product moment.
Dari hasil analisis data, diketahui penerepan konseling kelompok dalam kriteria baik. Pengaruh konseling kelompok dengan kematangan emosi peserta didik, diperoleh nilai r = 0,841. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 24 taraf signifikan 5 % ternyata nilai r lebih besar dari rtabel yaitu 0,841 > 0,404, kondisi kematangan emosi peserta didik dalam kriteria tinggi. Maka “Ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok terhadap kematangan emosi peserta didik kelas VIII SMP N 1 Larangan Tahun Pelajaran 2011/2012” dinyatakan diterima.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya lebih meningkatkan layanan konseling kelompok sehingga dapat kematangan emosi akan tinggi.
BK0312014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain