Skripsi
STUDI KOMPARASI METODE IMPROVE DAN METODE CIRC TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Gasal SMK Pusponegoro 01 Brebes Materi Sistem Persamaan Linier DuaVariabel (SPLDV) Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
SUROTO, DIMAS. 2012. “Studi Komparasi Metode IMPROVE dan CIRC terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Gasal SMK Pusponegoro 01 Brebes, materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Sakti Tegal. Pembimbing 1 : A. Nina Rosana C., M.Si, Pembimbing II : Drs. Lagiyono, M.Pd.M.T
Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika, Metode IMPROVE dan Metode CIRC.
Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu : apakah ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan metode IMPROVE dan metode CIRC? Jika ada perbedaan model pembelajaran mana yang lebih baik? Mengacu pada permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan metode IMPROVE dan metode CIRC. (2). Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif manakah yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika kelas X SMK Pusponegoro 01 Brebes.
Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas X semester gasal SMK Pusponegoro 01 Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 sejumlah 82 siswa yang terdiri atas 41 siswa yang diberi pembelajaran dengan metode IMPROVE dan 41 siswa diberi pembelajaran dengan metode CIRC. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentsi dan tes. Hipotesis di uji menggunakan rumus t-test dan uji t sepihak.
Simpulan yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian pada pembelajaran Matematika siswa kelas X SMK Pusponegoro 01 Brebes yaitu (1). Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran dengan metode IMPROVE dan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran dengan metode CIRC pada siswa kelas X semester gasal SMK Pusponegoro 01 Brebes tahun pelajaran 2011/2012. (2). Pembelajaran dengan metode IMPROVE lebih baik dari pada pembelajaran dengan metode CIRC pada siswa kelas X semester gasal SMK Pusponegoro 01 Brebes tahun pelajaran 2011/2012.
MIPA0312022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain