ttabel, maka menunjukkan bahwa penerapan metode konstruktivisme dalam pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran bahasa Indonesia berpengaruh terhadap pemahaman siswa kelas XI IPS Madrsah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012." />
Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA PADA SISWA KELAS XI IPS MADRSAAH ALIYAH NEGERI 1 BREBES TAHUN PELAJARAN 2011-2012
ABSTRAK
MOH. NASICHUN AMIN. 2012. "Keefektifan Metode Konstruktivisme dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012" Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum., Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Metode konstruktivisme, apresiasi sastra
Konstruktivisme adalah suatu posisi filosofis yang memandang pengetahuan sebagai hasil dari pengalaman yang peroleh dari kombinasi pengalaman pribadi seseorang dengan pengalaman yang dikonstruksi dari orang lain. Rumusan masalah penelitian (1) Bagaimanakah pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS MAN 1 Brebes?, (2) Bagaimanakah penggunaan metode konstruktivisme dalam pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran Bahasa Indonesia?, (3) Apakah penggunaan metode konstruktivisme efektif digunakan dalam pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012.?, Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran bahasa indonesia, (2) Mendeskripsikan penggunaan metode konstruktivisme dalam pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (3) Mendeskripsikan keefektivan penggunaan metode konstruktivisme dalam pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas XI IPS Madrsah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012.
Jenis penelitian adaah penelitian eksperimen, populasi berjumlah 103 siswa, sampel 54 siswa dibagi 2 kelompok (eksperimen =27, control=27), uji coba tryout 24 siswa. Tahap pralapangan (1) Menentukan tingkat kesukaran soal, (2) Uji validitas, (3) Uji reliabilitas. Tanpa penelitian lapangan dilakukan (1) Pembelajaran Apresiasi Sastra Metode Konstruksivisme, (2) Pembelajaran Apresiasi Sastra Metode Ceramah, ~X\: Post tes kelas Eksperimen, X2: Post tes kelas Kontrol, Pengumpulan data melalui metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data uji normalitas, perbedaan rata-rata, uji perbedaan rara-rata, serta uji chi kuadrat.
Metode Konstruktivisme pada pembelajaran apresiasi sastra mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas siswa kelas XI IPS Madrsah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012 diperoleh hasil rata-rata nilai dari post tes pada kelas XI A menerapkan konstruktivisme sebesar 80,59, sedangkan pada kelas XI B yang menggunakan metode ceramah nilai rata-ratanya sebesar 73,48. Artinya metode ceramah dengan LKS bermanfaat meningkatkan prestasi belajar para siswa tersebut. Hasil uji-t adalah thitung 2,888 taraf signifikansi 5% dengan dk (ne+nk-2)=52 ttabel = 1,66 , karena thitung>ttabel, maka menunjukkan bahwa penerapan metode konstruktivisme dalam pembelajaran apresiasi sastra pada mata pelajaran bahasa Indonesia berpengaruh terhadap pemahaman siswa kelas XI IPS Madrsah Aliyah Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012.
PBSI0312013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain