Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP PENAWAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
Purnamasari, Tutut. 2012 “ Keefektifan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VIII SMP Penawaja Talang Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2010/2011.” Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd., Pembimbing II : Sutji Mulyani, S.S., M.Hum.
Kata Kunci : Metode Diskusi, Membaca Pemahaman.
Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting bagi siswa. Keterampilan membaca akan dapat dikuasai jika dilakukan secara berulang-ulang, teratur dan terarah. Membaca memberikan andil yang besar dalam nilai-nilai kehidupan, baik kehidupan dunia pendidikan maupun kehidupan kemasyarakatan. Oleh sebab itu, keberadaan membaca perlu diupayakan secara maksimal. Salah satu keterampilan membaca yaitu membaca pemahaman.
Penelitian yang dilakukan penulis ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimanakah keefektifan metode diskusi dalam meningkatkan membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Penawaja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Penulis mengajukan hipotesis, bahwa siswa kelas VIII SMP Penawaja Talang memiliki kemampuan menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan membaca pemahaman. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengelompokkan sampel menjadi 2 (dua) kelompok yang masing-masing terdiri dari 32 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode, antara lain metode tes dan metode observasi. Untuk menganalisis digunakan rumus korelasi uji t nonindependen dan rumus korelasi uji t independen.
Populasi penelitian ini diperoleh dari hasil tes yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis t hitung = 2.70 dimana t table dengan derajat kebebasan (dk) 32+32-2 = 1.67 pada taraf signifikansi 0.05 harga t tabel 1.67. perbandingan tersebut membuktikan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (2.70>1.67). hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Penawaja Talang Kabupaten Tegal yang diajar menggunakan metode diskusi mengalami perubahan perilaku yang positif, sehingga berpengaruh pula terhadap prestasi siswa yang lebih baik.
PBSI0312014 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain