Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK MELALUI MEDIA FOTO FILM PADA SISWA KELAS 7A SMP NEGERI 3 MOGA PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
SUMIYATI. 2012. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita Anak pada Siswa Kelas 7A SMP Negeri 3 Moga Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.Sutji Muljani, M.Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : menceritakan kembali, cerita anak, media foto film.
Masalah pokok yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menceritakan kembali cerita anak pada siswa kelas 7A SMP Negeri 3 Moga Pemalang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas 7A dalam menceritakan kembali cerita anak dan apakah media foto film dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali ceita anak.
Agar penelitian ini memiliki arah yang jelas perlu adanya penetapan tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali cerita anak pada siswa kelas 7A SMP Negeri 3 Moga dan menjelaskan apakah penggunaan media foto film dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita. Secara teoritis, penelitian ini bermanfaat untuk memperkaya teori di bidang bahasa, khususnya kemampuan bercerita dan menulis cerita. Manfaat praktis penelitian ini adalah agar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran apresiasi sastra yaitu menulis cerita dan bercerita secara lisan.
Hipotesis penelitian ini adalah bahwa media foto film dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak pada siswa kelas 7A SMP Negeri 3 Moga Tahun Pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7A SMP Negeri 3 Moga tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri atas 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode non tes yaitu observasi dan dokumentasi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode/teknik triangulasi data, yaitu dengan menyimpulkan sesuatu berdasarkan hasil dari beberapa fakta.
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan menceritakan kembali cerita anak pada siswa kelas 7A SMP Negeri 3 Moga Pemalang terus mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada prasiklus adalah 56,9 dan termasuk ketegori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 67,3 dan termasuk kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,0. Dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 20,1 dari prasiklus ke siklus II.
PBSI0312015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain