0,231. Dengan demikian berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengatakan “Ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik kelas X SMK Nusantara Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Kesimpulannya peserta didik kelas X SMK Islam Nusantara Comal Pemalang suka berinteraksi dalam layanan bimbingan kelompok dan ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik. Dan saran untuk peserta didik supaya terus dikembangkan rasa solidaritas sehingga akan menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesamanya. Saran untuk orang tua supaya selalu memberikan motivasi dan pengertian tentang pentingnya rasa solidaritas antar sesamanya baik dilingkungan sekolah ataupun diluar sekolah, dan untuk bapak ibu guru untuk selalu memberikan bimbingan baik secara individu ataupun kelompok dan selalu memantau peserta didik dalam pergaulannya disekolah sehingga peserta didik dengan sendirinya akan muncul rasa solidaritas yang tinggi." />
Skripsi
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN SOLIDARITAS PESERTA DIDIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK ISLAM NUSANTARA COMAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
ARIANI, MARTTETY DWI 2012. NPM : 1108501117. "Efektivitas Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Solidaritas Peserta Didik Pada Peserta Didik Kelas X SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2010 / 2011”. Skripsi Bimbingan dan Konseling, Pembimbing I : Drs. Sukoco, KW. M.Pd, Pembimbing II : Drs. Sugiyanto HN. M.Pd.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Solidaritas.
Belajar kelompok adalah salah satu cara belajar yang mempunyai banyak manfaat dan kelebihan. Disamping dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, juga dapat melatih ketrampilan sosial peserta didik. Salah satunya adalah rasa solidaritas. Solidaritas pada peserta didik penting ditanamkan sedini mungkin apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik SMK Islam Nusantara Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dan untuk mengetahui tingkat solidaritas peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik SMK Islam Nusantara Comal Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 490 peserta didik, variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel X (bimbingan kelompok) dan variabel Y (solidaritas peserta didik). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisa data menggunakan rumus korelasi Product Moment nilai r xy = 0,348, dengan jumlah responden N = 49, harga kritik r product moment taraf signifikan 5 % = 0,231. L nilai r xy lebih besar dari tabel atau 0,348 > 0,231. Dengan demikian berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengatakan “Ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik kelas X SMK Nusantara Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kesimpulannya peserta didik kelas X SMK Islam Nusantara Comal Pemalang suka berinteraksi dalam layanan bimbingan kelompok dan ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik. Dan saran untuk peserta didik supaya terus dikembangkan rasa solidaritas sehingga akan menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesamanya.
Saran untuk orang tua supaya selalu memberikan motivasi dan pengertian tentang pentingnya rasa solidaritas antar sesamanya baik dilingkungan sekolah ataupun diluar sekolah, dan untuk bapak ibu guru untuk selalu memberikan bimbingan baik secara individu ataupun kelompok dan selalu memantau peserta didik dalam pergaulannya disekolah sehingga peserta didik dengan sendirinya akan muncul rasa solidaritas yang tinggi.
BK0312017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain