0,231. Dengan demikian berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengatakan “Ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik kelas X SMK Nusantara Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Kesimpulannya peserta didik kelas X SMK Islam Nusantara Comal Pemalang suka berinteraksi dalam layanan bimbingan kelompok dan ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dalam meningkatkan solidaritas peserta didik. Dan saran untuk peserta didik supaya terus dikembangkan rasa solidaritas sehingga akan menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesamanya. Saran untuk orang tua supaya selalu memberikan motivasi dan pengertian tentang pentingnya rasa solidaritas antar sesamanya baik dilingkungan sekolah ataupun diluar sekolah, dan untuk bapak ibu guru untuk selalu memberikan bimbingan baik secara individu ataupun kelompok dan selalu memantau peserta didik dalam pergaulannya disekolah sehingga peserta didik dengan sendirinya akan muncul rasa solidaritas yang tinggi." />