Skripsi
STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS EKONOMI DI KELAS VIII DI SMP ISLAM AL KHOIRIYAH PETARUKAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
Erina Dwi Handayani. 2012. Studi Deskriptif Tentang Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru dalam Pembelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Pembimbing I : Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd., M.Si. Pembimbing II : Dra. Dewi Apriani Fr., MM. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Persepsi siswa, Kompetensi Guru, Pembelajaran IPS Ekonomi
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : "Bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi pada kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012 ?".
Tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran dan untuk mengetahui sejauh mana persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi dalam siswa kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012 sejumlah 56 siswa. Sedangkan populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif persentase.
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi dalam kriteria baik dengan melihat hasil penelitian rentang skor persepsi siswa (63,00 - 74,99) dari 39 orang siswa dengan jumlah sampel 56 orang siswa yang selanjutnya dikonsultasikan kedalam rentang persentase diperoleh persentase 69,64% dari rentang persentase antara 68,00% - 83,99%, maka persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran IPS Ekonomi termasuk dalam kriteria baik.
PE0312002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain