Skripsi
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas XI Semester 1 MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
ASTUTI, UMI FIDIA. 2012, “Pengaruh Interaksi Sosial dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XI Semester 1 MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Drs. Yuli Witanto, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Pengaruh, Interaksi Sosial, Motivasi, Hasil Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya: 1) Pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. 2) Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. 3) Pengaruh interaksi sosial dan motivasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah kelas XI MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 401 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Teknis pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan “cluster random sampling”. Terpilih satu kelas uji coba yaitu kelas XI IPS I. Kemudian kelas XI IPS II dan XI IPS III sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket interaksi sosial dan angket motivasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Teknis analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, yang sebelumnya diuji dengan Uji Liliefors untuk mengetahui normalitas hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. 2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. 3) Ada pengaruh yang signifikan interaksi sosial dan motivasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
MIPA0312023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain