Skripsi
PENGARUH KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 4 Tegal Materi Pokok Logaritma Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
PHRATIVI DIAN PUSPITA ANGGRAINI. 2012. Pengaruh Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Tes Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 4 Tegal Pokok Bahasan Logaritma Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi. Pendidikan Matematika. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Munadi, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Tes, Kecemasan, Prestasi belajar matematika
Latar Belakang stres dan kecemasan merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari-hari dan gejala yang normal. Bagi yang tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi maka stres dan kecemasan dapat menghambat kegiatan sehari-harinya. Tingkat kecemasan yang dialami setiap siswa tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kecemasan menghadapi tes prestasi belajar matematika. Untuk itulah alas an penulis melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi tes dan ada tidaknya pengaruh kecemasan siswa dalam menghadapi tes terhadap prestasi belajar matematika.
Penelitian ini mengambil lokasi SMA Negeri 4 Tegal pada tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1. Sedangkan sampel dalam penelitian ini mengambil keseluruhan dari populasi sejumlah 8 kelas sebanyak 254 siswa. Uji coba instrumen penelitian metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Pada tahap awal instrumen diujikan untuk perhitungan analisis data awal yaitu validitas, reliabilitas, dan bentuk instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Pada tes prestasi belajar dari 20 item tes uji coba terdapat 15 item yang valid dan 5 tidak valid. Dari 15 item yang valid tersebut kemudian dijadikan sebagai soal penelitian tes prestasi belajar matematika yang diberikan kepada seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Tegal. Sedangkan pada angket kecemasan dari 15 item terdapat 10 item yang valid yang kemudian menjadi angket untuk penelitian lebih lanjut.
Penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dengan perhitungan tingkat kecemasan siswa sebesar 62,69% dengan kategori cemas. Sedangkan pada uji hipotesis menggunakan SPSS 17 diperoleh F hitung = 4173,391. Karena F hitung (4173,391) > F tabel (3,92) maka Ho ditolak, kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan kecemasan menghadapi tes terhadap prestasi belajar matematika. Semakin nilai bertambah tinggi semakin tinggi tingkat kecemasan. Untuk nilai 40 ke atas sangat disarankan untuk mengikuti training tentang kecemasan atau lebih sering melakukan latihan-latihan. Nilai akhir yang makin membesar menunjukkan adanya gangguan konsentrasi yang bisa berakibat pada penurunan prestasi.
MIPA0312024 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain