Skripsi
PENGARUH PEMBERIAN FILM TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ( Suatu Penelitian Eksperimental Pada Siswa Kelas V SD Negeri Randugunting 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 )
ABSTRAK
Pracipto, Firdaus Yudhi. NPM. 1605501263. 2012. Pengaruh Pemberian Film Terhadap Penguasaan Kosakata. Suatu Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas V SD Negeri Randugunting 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Pembimbing I : Drs. Rofiudin, M.Hum, dan Pembimbing II : Taufiqulloh, S.Pd, M.Hum.
Kata Kunci : Film, Penguasaan Kosakata.
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang ada tidaknya pengaruh pemberian film bahasa Inggris terhadap penguasaan kosakata buku, pada siswa kelas V di SD Negeri Randugunting 3 Kota Tegal semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan pada teori – teori belajar dan pembelajaran bahasa, maka hipotesis penelitian dirumuskan sebagai berikut : Penerapan film bahasa Inggris mempunyai pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata siswa.
Populasi dari data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Randugunting 3 Kota Tegal yang berjumlah 40 siswa dimana duduk di tingkat dan semester yang sama. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok masing – masing terdiri dari 20 siswa.
Data penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan test instrumen penelitian dengan ulangan harian siswa.
Penelitian ini menggunakan teknik analisa data dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) 38 hasilnya yakni 2,143 sedangkan t-tabel 2,042. Hipotesis ini diterima karena hasil t-hitung lebih besar dari pada t-tabel ( 2,143 > 2,042 ).
Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwasannya ada pengaruh positif penerapan film terhadap penguasaan kosakata pada siswa kelas V di SD Negeri Randugunting 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
PBI0312032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain