Skripsi
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA POKOK MATERI MATRIKS PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMK YPE NUSANTARA SLAWI TAHUN AJARAN 2011/2012
ABSTRAK
LISTIANI, 2012. NPM : 1709501324. Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Kontesktual terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Pokok Bahasan Matrik pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK YPE Nusantara Slawi Tahun Ajaran 2011/2012. (Suatu Penelitian pada siswa Kelas X Semester Genap SMK YPE Nusantara Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si, Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancaksati Tegal.
Kata Kunci : Pengaruh , Pendekatan Pembelajaran, Prestasi, Minat Belajar
Pada Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah pendekatan pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap prestasi dan minat belajar matematika.
Penelitian ini diadakan di SMK YPE Nusantara Slawi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap SMK YPE Nusantara Slawi. Dari populasi diambil sampel untuk penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini secara Cluster Random Sampling. Setelah diadakan pengambilan sampel maka terpilih kelas X A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32, siswa dan kelas X B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa, serta kelas X C sebagai kelas uji coba yang berjumlah 31 siswa. Untuk pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama-nama siswa dari kelas sampel, metode angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar matematika, sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh hasil tes matematika. Pengujian Hipotesis digunakan rumus uji-t untuk hipotesis pertama dan kedua, dan analisis ragam multivariat satu arah untuk hipotesis ketiga.
Berdasarkan hasil penelitian, maka pendekatan pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap prestasi dan minat belajar matematika. Dari hasil tesebut maka hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan pembelajaran kontekstual pada pokok materi matriks siswa kelas X semester genap SMK YPE Nusantara Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012.
MIPA0312025 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain