Skripsi
APLIKASI ASMAUL HUSNA DALAM KONSELING ISLAMI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
DIRYONO, NPM : 1108501068, 2012. Skripsi Aplikasi Asmaul Husna Dalam Konseling Islami Peserta Didik Terhadap Pembentukan Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Dibimbing oleh Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM selaku Pembimbing I dan Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Aplikasi Asmaul Husna, Pembentukan Akhlak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan konseling islami terhadap pembentukan akhlak berdasarkan nilai-nilai asmaul husna bagi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal yang berjumlah 328 peserta didik. Yang terdiri dari peserta didik laki-laki 95 dan perempuan 233. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis product moment.
Berdasarkan analisis data aplikasi asmaul husna pada peserta didik kelas X MAN Kota Tegal pada sampel penelitian digambarkan dihasilkan secara berturut kriteria sangat buruk 12,8%, buruk 15,4%, sedang 5,1%, cukup 33,3%, baik 28,2%, sangat baik sebesar 5,1%. Sebagian besar responden terdapat dalam interval 48 – 51 sebanyak 33,3% dalam kategori cukup. Pembentukan akhlak pada peserta didik kelas X MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada sampel penelitian digambarkan dihasilkan secara berturut-turut kriteria sangat buruk 12,8%, buruk 10,3%, sedang 10,3%, cukup 10,3%, baik 43,6%, sangat baik sebesar 12,8% Sebagian besar responden terdapat dalam interval 51 – 54 sebanyak 43,6% dalam kategori baik. Pengaruh konseling Islami terhadap pembentukan akhlak berdasarkan nilai-nilai asmaul husna dengan N = 39 pada taraf signifikan 5% ditemukan nilai 0,316 kemudian dikorelasikan dengan hasil nilai rhitung sebesar 0,713, maka koefisien korelasi rxy = 0,713 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tabel product moment. Jadi rhitung dalam penelitian = 0,713 > 0,316 berdasarkan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi “Ada Aplikasi Asmaul Husna dalam Konseling Islami Peserta Didik Terhadap Pembentukan Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diterima kebenarannya.
Saran dalam penelitian ini adalah kepada orang tua peserta didik hendaknya dapat lebih meningkatkan kualitas keimanan peserta didik melalui nilai-nilai asmaul husna yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercermin dalam prilaku yang akhlakul karimah.
BK0312018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain