Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS X SMA MA’ARIF NU JATINEGARA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010-2011
ABSTRAK
FAOZI, AKHMAD. 2012. “Keefektifan Metode Concept Sentence Dalam Pembelajaran Menulis Pada Siswa Kelas X SMA Ma’arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011.” Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. II : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci : pembelajaran menulis, karangan deskripsi dan metode concept sentence.
Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran menulis disekolah masih banyak mengalami hambatan dan belum dapat dilaksanakan secara efektif. Karena menulis merupakan tingkat keterampilan berbahasa yang paling tinggi tingkat kesulitannya dibandingkan dengan keterampilan berbahasa lainnya oleh karena itu penulis mencoba menerapkan metode concept sentence pada pembelajaran menulis di sekolah menengan atas.
Penulis mengkaji tiga masalah yaitu : (1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskriptif dengan metode concept sentence pada siswa kelas X SMA Ma’arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011? (2) Bagaimanakah penggunaan metode concept sentence dalam menulis paragraf deskriptif pada siswa Kelas X SMA Ma’arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011? (3) Apakah metode concept sentence efektif digunakan dalam menulis paragraf deskriptif pada siswa Kelas X SMA Ma’arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011?. Penelitian ini dilakukan di SMA Ma’arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal kelas X dengan jumlah sampel 60 siswa yang terbagi dua kelompok yaitu kelas X A sebagai kelompok eksperimen dimana kelompok ini diajar dengan menggunakan metode concept sentence dan kelas X B sebagai kelompok kontrol yaitu kelompok ini diajar tanpa menggunakan metode concept sentence dan . Penelitian ini bertujuan mencari keefektifan metode concept sentence dengan pembelajaran yang biasa dilakukan disekolah tersebut.
Pembahasan analisis dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata pretes dan postes kelas eksperimen/ yang menggunakan metode concept sentence yaitu 94,17 Nilai rata-rata pretes dan postes kelas kontrol/ tanpa menggunakan metode concept sentence yaitu 51,67. Selisih nilai di kelas eksperimen/ menggunakan metode concept sentence yaitu 8,17 dan selisih nilai di kelas kontrol/ tanpa menggunakan metode concept sentence yaitu 4,67. Jadi penggunaan metode concept sentence di kelas eksperimen dan tanpa penggunaan metode concept sentence di kelas kontrol dapat meningkatkan kemampuan belajar menulis paragraf deskripsi bagi siswa kelas X SMA Ma’arif NU Jatinegara Kabupaten Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode concept sentence dalam pengajaran menulis terutama menulis paragraf deskripsi agar pembelajaran disekolah bisa lebih efektif.
PBSI0312019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain