Skripsi
PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENINGKATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VII TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH MTs ASWAJA BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
KUSTANTO, BAMBANG, NPM. 1106238, Judul :”Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam Peningkatan Disiplin Peserta Didik Kelas VII Terhadap Tata Tertib Sekolah di MTs Aswaja Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi program Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M. Pd dan Pembimbing II : Suriswo, M. Pd.
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Disiplin Peserta Didik dan Tata Tertib Sekolah.
Permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah banyaknya peserta didik yang tidak disiplin terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu dengan cara menguji rumus statisic. Hal tersebut sangat relevan dengan tujuan penelitian yaitu 1) Mengetahui kondisi pelaksanaan tata tertib sekolah di MTS Aswaja Bumijawa. 2) Mengetahui keadaan kedisiplinan peserta didik dalam mematuhi tata tertib sekolah di MTs Aswaja Bumijawa dan 3) Mengetahui Efektifitas pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik terhadap tata tertib di MTs Aswaja Bumijawa. Olehkarena itu manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai acuan dalam pelaksanan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik terhadap tata tertib sekolah
Pendekatan teori yang digunakan meliputi hal – hal yang terkait dengan permasalahan konsep layanan Bimbingan dan Konseling, konsep kedisiplinan dan tata tertib sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat Proposional Random sampling, dengan subjek penelitiannya berjumlah 45 peserta didik. Data yang dihasilkan dari penyebaran angket baik pada responden try out ataupun pada penelitian menunjukan valid dan reliabilitas.
Berdasarkan hasil analisis Pearson Product Moment (PPM) dapat disimpulkan terdapat peran yang positif dan signifikan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VII terhada tata tertib sekolah MTs Aswaja Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dari hasil perhitungan diatas menghasilkan nilai rhitung = 0,956 setelah dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 1% dengan N 40 = 0.403. Maka rhitung > r tabel (0,956 > 0,403) (t.s 1%). Sedangkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan pelaksanaan bimbingan dan konseling adalah Baik (50%), sedangkan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah Buruk (27,5%). Dengan demikian hipotesis yang diajukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin peserta didik kelas VII terhadap tata tertib sekolah MTs Aswaja Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 dinyatakan diterima.
BK0312019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain