Skripsi
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MA’ARIF BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
KHODIROH, 2012. NPM : 1108501132. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kenakalan Peserta Didik. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II : Suriswo, S.Pd, M.Pd.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Tingkat Kenakalan Peserta Didik
Kesadaran akan tanggung jawab mendidik dan membina anak secara terus menerus perlu dikembangkan kepada setiap orang tua, mereka juga perlu dibekali teori-teori pendidikan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian tingkat dan kualitas meteri pendidikan yang diberikan dapat digunakan anak untuk menghadapi lingkungan yang selalu berubah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap tingkat kenakalan peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 212 anak yang terdiri dari 4 kelas. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditetapkan 20% dari jumlah populasi yaitu 20% x 212 = 53 responden. Metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data pola asuh orang tua peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah dalam kategori cukup karena dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase pola asuh orang tua yang diperoleh dalam kategori cukup sebanyak 15 responden atau 34,1 %. Kenakalan peserta didik kelas VII MTs. Ma’arif Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah dalam kategori sedang karena dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase kenakalan peserta didik dalam kategori sedang sebanyak 17 responden atau 38,6%. Pembahasan hasil analisis diketahui rtabel pada taraf 5% N = 44 diperoleh sebesar 0,297 dari perhitungan rhitung > rtabel (0,616 > 0,297). Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kenakalan Peserta Didik Kelas VII MTs. Ma’arif Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diterima kebenarannya.
Adapun saran yang saya ajukan Sehubungan dengan bentuk pola asuh orang tua dalam kategori cukup baik maka perlu diperbaiki, berkaitan dengan tingkat kenakalan peserta didik dalam kategori sedang maka perlu adanya bimbingan yang signifikan, berkenaan dengan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap tingkat kenakalan peserta didik maka perlu adanya peningkatan pola asuh orang tua.
BK0312020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain