Skripsi
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PENINGKATAN KEMAUAN BERPRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs RAUDHATUL ULUM KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
INTAN PUTRI KOMARAWATI, NPM : 1108501124, 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Kemauan Berpestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Raudhatul Ulum Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Dibimbing oleh Dr. Maufur, M.Pd selaku Pembimbing I dan Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Peningkatan Kemauan Berprestasi Belajar Peserta Didik
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh perhatian orang tua terhadap peningkatan kemauan berprestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Raudhatul Ulum Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 76 peserta didik, subyek penelitian yang memiliki orang tua di luar kota diperoleh sebanyak 12 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi, dianalisis menggunakan deskripsi prosentase dan product moment.
Dari hasil analisis data perhatian orang tua adalah dalam kategori cukup karena dilihat dari hasil distribusi frekuensi perhatian orang tua yang diperoleh dalam kategori cukup sebanyak 4 responden atau 33,3%, kemauan berprestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs. Raudhatul Ulum Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 adalah dalam kategori baik karena dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase kemauan berprestasi belajar dalam kategori baik sebanyak 6 responden atau 50%. hasil analisis data, diperoleh nilai r tabel dengan N = 12 pada taraf signifikan 5% diperoleh 0,576 dan taraf signifikan 1% diperoleh 0,708 kemudian dikorelasikan dengan hasil nilai rhitung sebesar 0,748, maka koefisien korelasi rxy = 0,748 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tabel product moment. Jadi rhitung dalam penelitian = 0,748 > 0,576 berdasarkan taraf signifikansi 5% dan 0,748 > 0,708 berdasarkan taraf signifikansi 1%. Ini berarti hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap peningkatan kemauan berprestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs. Raudhatul Ulum Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, dinyatakan diterima.
Sedangkan saran yang diajukan yaitu sehubungan dengan tingkat perhatian orang tua terhadap peserta didik dalam kategori cukup baik maka perlu diperbaiki, berkaitan dengan peningkatan kemauan berprestasi belajar peserta didik dalam kategori baik maka perlu dipertahankan, berkenaan dengan perhatian orang tua sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemauan berprestasi belajar peserta didik maka perlu dipertahankan.
BK0312021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain