Skripsi
PENGARUH SERTIFIKASI GURU SD TERHADAP KINERJA MENGAJAR MATA PELAJARAN IPS DI UPT PENDIDIKAN KECAMATAN PEKALONGAN SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
MIFROKHAH. 2012. Pengaruh Sertifikasi Guru SD terhadap Kinerja Mengajar Mata Pelajaran IPS di UPT Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Ekonomi, Dra. Hj. Faridah, M.Si., Dra. Hj. Dewi Apriani FR, MM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Sertifikasi Guru SD, Kinerja Mengajar Mata Pelajaran IPS
Dalam suasana pelaksanaan program sertifikasi, guru dituntut mampu melaksanakan tugas dengan professional, sehingga dengan melaksanakan tugas secara professional ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang pada akhirnya terciptanya mutu pendidikan yang baik.
.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis ada/tidaknya pengaruh sertifikasi guru SD terhadap kinerja mengajar Mata Pelajaran IPS di UPT Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut ada pengaruh yang signifikan sertifikasi guru SD terhadap kinerja mengajar Mata Pelajaran IPS di UPT Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini semua guru Sekolah Dasar Negeri di wilayah UPT Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan kota Pekalongan yang sudah lolos sertifikasi sebanyak 62 orang. Dari 62 responden tersebut diambil secara keseluruhan, dengan demikian penelitian ini merupakan studi populasi.
Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket sertifikat guru dan kinerja mengajar. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus product moment dan persamaan garis regresi linier. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan Ada pengaruh yang signifikan sertifikasi guru SD terhadap kinerja mengajar mata pelajaran IPS di UPT Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Hasil perhitungan harga r yang diperoleh sebesar 0,635, hubungan tersebut termasuk dalam kategori sedang atau cukupan karena berada pada interval antara 0,41 s/d 0,70. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan sertifikasi guru SD terhadap kinerja mengajar Mata Pelajaran IPS di UPT Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan tahun pelajaran 2011/2012” diterima.
Saran dalam penelitian ini adalah 1) Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan, agar lebih memberi dorongan kepada para guru yang sudah lolos sertifikasi untuk meningkatkan kinerjanya; 2) Untuk lebih meyakinkan tentang hasil yang diperoleh melalui penelitian ini, perlu diadakan penelitian lanjut pada faktor diluar sertifikasi guru yang mempengaruhi kinerja mengajar guru di Unit Pengelola Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan.
PE0312003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain