Skripsi
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN SWALAYAN BANJARAN PERMAI KABUPATEN TEGAL
ABSTRAK
Wahyudi. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Swalayan Banjaran Permai Kabupaten Tegal” Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen Swalayan Banjaran Permai Kabupaten Tegal, untuk mengetahui pengaruh produk terhadap loyalitas konsumen Swalayan Banjaran Permai Kabupaten Tegal, untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap loyalitas konsumen Swalayan Banjaran Permai Kabupaten Tegal, untuk mengetahui pengaruh harga, produk, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen Swalayan Banjaran Permai Kabupaten Tegal.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah riset lapangan yang berupa observasi, wawancara, dan kuesioner dan riset kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi berganda, analisis regresi berganda, uji simultan, dan uji parsial
Dari hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh hasil R sebesar 0,682. Hal itu dapat diartikan hubungan variabel harga, produk dan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Swalayan Banjaran Permai tergolong Kuat. Dari persamaan regresi tiga variabel yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai b1 = 0,334, b2 = 0,217 b3 = 0,118 bertanda positif, dengan demikian berarti terdapat pengaruh yang positif antara variable harga (X1), produk (X2), dan pelayanan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) Swalayan Banjaran Permai. Artinya harga (X1), produk (X2), dan pelayanan (X3) meningkat, maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan (Y) Swalayan Banjaran Permai. Sebaliknya jika harga (X1), produk (X2), dan pelayanan (X3) menurun, maka loyalitas pelanggan (Y) Swalayan Banjaran Permai juga akan menurun. Hasil yang diperoleh dari pengujian dengan menggunakan uji F diketahui Fhitung = 27,764 > Ftabel = 3,94. Dari perhitungan juga diketahui nilai sign = 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa persamaan regresi ganda tersebut signifikan. Artinya Harga (X1), Produk (X2), dan Pelayanan (X3) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Swalayan Banjaran Permai (Y). Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara variable harga (X1) dengan terhadap loyalitas pelanggan (Y) diketahui nilai thitung = 3,358 > ttabel = 1,98. artinya terdapat pengaruh signifikan antara harga (X1) dengan loyalitas pelanggan (Y). Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara variable produk (X2) dengan loyalitas pelanggan (Y) diketahui nilai thitung = 2,382 > ttabel = 1,98, artinya terdapat pengaruh signifikan antara produk (X2) dengan loyalitas pelanggan (Y). Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara pelayanan (X3) dengan loyalitas pelanggan (Y) diketahui nilai thitung = 1,136 < ttabel = 1,98. artinya tidak terdapat pengaruh signifikan antara pelayanan (X3) dengan loyalitas pelanggan swalayan Banjaran Permai (Y).
MNJ0312009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain