Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK LINGKARAN (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Bhakti Praja KedungBanteng Kec. KedungBanteng Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
HARIYANTO, HERI DWI. 2012, “Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Prestasi Belajar pada materi pokok Lingkaran (suatu penelitian pada siswa kelas VIII semester II SMP Bhakti Praja KedungBanteng Kecamatan KedungBanteng Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011)”
Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Prestasi, Lingkaran
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII semester II SMP Bhakti Praja Kedungbanteng, untuk mengetahui prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika dengan mengunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik dari model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2010/2011 di SMP Bhakti Praja Kedungbanteng Kecamatan KedungBanteng Kabupaten Tegal dengan jumlah 96 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling. Kelas yang dipilih sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 32 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang terpilih adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen (dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (dengan pendekatan konvensional). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji-t. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 32 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A.
Dari hasil analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji-t.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional..Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah lebih baik dari kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. pada siswa kelas VIII semester II SMP Bhakti Praja Kedungbanteng Kecamatan KedungBanteng Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
MIPA0312028 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain