Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Wanasari Tahun P
ABSTRAK
RIZKI DANNI IRAWAN. 2012. “Pengaruh Kemampuan Penalaran Analogi dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Operasi Hitung Bentuk Aljabar (Studi Penelitian Pada Siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2010 / 2011)“. Skripsi Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Drs. Paridjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pengaruh, Kemampuan Penalaran Analogi, Kemampuan Numerik, Hasil Belajar Matematika.
Penelitian dengan judul Pengaruh Kemampuan Penalaran Analogi dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Operasi Hitung Bentuk Aljabar (Studi Penelitian Pada Siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2010 / 2011) bertujuan : (1) untuk menentukan adanya pengaruh kemampuan penalaran analogi terhadap hasil belajar matematika, (2) untuk menentukan adanya pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk menentukan adanya pengaruh kemampuan penalaran analogi dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2010 / 2011 yang berjumlah 360 siswa. Dari 360 siswa diambil sampel secara teknik cluster random sampling sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes yaitu dengan memberikan tes instrumen penelitian kepada siswa. Instrumen penelitian dibagi menjadi tiga macam tes yaitu tes kemampuan penalaran analogi, tes kemampuan numerik, dan tes hasil belajar matematika. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian membuktikan : (1) adanya pengaruh kemampuan penalaran analogi terhadap hasil belajar matematika, (2) adanya pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika, (3) adanya pengaruh kemampuan penalaran analogi dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika.
MIPA0312029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain