Skripsi
PENGARUH SITUS JALINAN PERTEMANAN FACEBOOK DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK INDIVIDU PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
NOOR SYAMS, ARIFIYAN, 1107500662 2012. Judul Skripsi Pengaruh Situs Jalinan Pertemanan Facebook Dalam Membentuk Karakteristik Individu Peserta Didik kelas XI SMA N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I: Dr. Hj. Sitti Hartinah D.S., M.M, Pembimbing II : Suriswo, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Situs Jalinan Pertemanan Facebook dan Kreativitas Karakteristik Individu.
Pengaruh jalinan pertemanan facebook dalam membentuk karakteristik peserta didik sangatlah efektif untuk menjadikannya individu yang memiliki karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh situs jalinan pertemanan facebook dalam membentuk karakteristik individu peserta didik kelas XI SMA N 1 Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian kelas XI yang berjumlah 219. Dan sampel yang diambil 13% dari 219 yaitu 28 peserta didik. Variabel penelitian adalah situs jalinan pertemanan facebook (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan karakteristik individu (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,618 jika dibanding dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 28 diperoleh harga rtabel sebesar 0,374, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada pengaruh situs jalinan pertemanan facebook dalam membentuk karakteristik individu peserta didik kelas XI SMA N 1 Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Pada variabel situs jalinan pertemanan facebook yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 3 peserta didik (10,71%), kategori rendah 1 peserta didik (3,57%), kategori sedang 3 peserta didik (10,71%), kategori cukup 7 peserta didik (25%), kategori tinggi 13 peserta didik (46,42%), dan Kategori sangat tinggi 1 peserta didik (3,57%). sehingga jalinan pertemanan facebook peserta didik adalah dalam kriteria tinggi. Sedangkan pada variabel Karakteristik individu yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (7,14%), kategori rendah 3 peserta didik (10,71%), kategori cukup 6 peserta didik (21,42%), kategori sedang 7 peserta didik (25%), kategori tinggi 9 peserta didik (32,14%), dan Kategori sangat tinggi 1 peserta didik (3,57%). Jadi Karakteristik individu dalam kategori tinggi.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh situs jalinan pertemanan facebook dalam membentuk karakteristik individu peserta didik kelas XI SMA N 1 Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Saran diharapkan agar adanya kerjasama antara guru dan orang tua dalam memberikan pengawasan dan arahan pada generasi muda terhadap penggunaan facebook.
BK0312025 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain