Skripsi
PENGARANG KONSELING AGAMA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
NOVI ARIANTI DIAN, NPM. 1107500592. 2012. “Pengaruh Konseling Agama Terhadap Perubahan Perilaku Disiplin Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2011 ”, pembimbing I Dr Sitti Hartinah DS. MM dan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal .
Kata kunci : Konseling Agama, Perilaku Disiplin
Penelitian ini di latar belakangi, penurunan nilai-nilai agama yang dimiliki anak semakin tinggi dikarenakan masuknya era globalisasi, sedangkan penerapan pelajaran agama di sekjolah kurang diperhatikan. Berbagai macam budaya asing yang muncul di kalangan media elektronik sering ditiru pada umunya pada anak sekolah. Oleh karena itu perubahan perilaku disiplin ini perlu di terapkan bukan hanya guru mata pekajaran agama saja namun juga oleh guru bimbingan konseling agar perilaku pada siswa semakin baik
Tujuan penelitian ini adalah perilaku disiplin peserta didik sebelum dan sesudah diberi layanan konseling agama, pengaruh pemberian layanan konseling agama sebelum dah sesudah.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 sebenyak 210 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yaitu 38. jadi sampel dalam kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus T test.
Dari perhitungan analisis statistik, nilai T observasi dikonsultasikan tabel dengan tarif signifikat 5% Menunjukan nilai tabel 2,750; maka nilai T lebih besar dari nilai tabel (nilai T, observasi = 10,879 nilai T tabel = 2,750). Dengan demikian hipotensi yang berbunyi “Ada Pengaruh konseling agama terhadap perubahan perilaku Disiplin Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri II Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011.’’ Dinyatakan diterima sebab nilai T observasi 10,879 diperoleh hasil ternyata lebih daripada nili T tabel semakin baik dan seringnya dalam pemberian konseling agama pada peserta didik, maka semakin meningkan pula perubahan perilaku disiplin peserta didik , kearah lebih positif. Dan tidak ada pernyataan lain kecuali ada pengaruh positif pemberian konseling agam terhadap perilaku disiplin peserta didik, pengaruhnya adalah sebesar 22,58%.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan saran sebagai berikut, hendaknya selalu memberikan oleh guru BK bekerja sama dengan gutu agam memberikan danpak posotif dan semakin baik dalm memberikan perubahan perilaku disiplin peserta didik baik di sekolah maupun di luar sekolah.
BK0312026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain