Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI ) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal pada Materi sub Pokok Kedududkan T
ABSTRAK
SITI KURNIANINGSIH. 2011. NPM:1707501101.Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika ((Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal pada Materi sub Pokok Kedududkan Titik, Garis dan bidang dalam Ruang Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Drs. Ponoharjo, M.Pd. Hj. Isnani, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Tipe Team Assisted Individualizatin (TAI), Hasil, Aktivitas.
Penelitian dengan judul Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Materi sub Pokok Kedududkan Titik, Garis dan bidang dalam Ruang) bertujuan untuk memperoleh : (1) apakah ada perbedaaan Aktivitas dan Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TAI dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) apakah Aktivitas dan Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TAI lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester genap tahun pelajaran 2010/2011 di SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal dengan jumlah 238 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data dengan uji analisis ragam multivariate (One-Way Manova) dan dilanjutkan dengan uji Hotelling. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian diperoleh: (1) ada perbedaaan Aktivitas dan Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TAI dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TAI lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
MIPA0312030 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain