Skripsi
MENINGKATKAN AKTIVITAS PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Semester I MTs An-Nashuha Kalimukti Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Ta
ABSTRAK
YUDHO SWORO ADY NUGROHO, 2012. Meningkatkan Aktivitas Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Resitasi pada Materi Pokok Persamaan Linear Satu Variabel (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Semester I MTs An-Nashuha Kalimukti Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Meningkatkan, Aktivitas, Prestasi Belajar, Persamaan Linear Satu Variabel dan Metode Resitasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pelajaran matematika masih relatif rendah. Ditemukan bahwa rendahnya prestasi belajar siswa pada materi pelajaran matematika khususnya materi pokok persamaan linear satu variabel terjadi karena kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya melalui penerapan metode resitasi sebagai pembelajaran yang berkualitas dan lebih menitikberatkan pada pembelajaran siswa aktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Apakah melalui penerapan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok persamaan linear satu variabel?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok persamaan linear satu variabel. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi guru, siswa dan bagi sekolah. Adapun manfaat yang diperoleh adalah sebagai berikut; bagi siswa, terutama siswa yang mengalami kesulitan belajar materi pokok persamaan linear satu variabel, melalui metode resitasi diharapkan siswa dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar. Dengan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas guru dapat mengetahui sedikit demi sedikit cara pembelajaran yang sesuai dan bervariasi, sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas, bagi sekolah sebagai masukan dan sumbangan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar khususnya pelajaran matematika.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII B dan VII C MTs An-Nashuha Kalimukti Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini secara klasikal apabila prestasi belajar siswa mencapai nilai 63 sekurang-kurangnya 75% dikatakan tuntas belajar. Simpulannya adalah metode resitasi yang dilaksanakan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam materi pokok persamaan linear satu variabel di kelas VII B dan VII C siswa MTs An-Nashuha Kalimukti Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2010/2011. Aktifitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I sampai siklus II berangsur-angsur menunjukkan peningkatan, baik sikap belajarnya, ketekunannya, motivasinya, rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan serta kemampuannya menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel. Dalam tindakan kelas ini telah dapat ditingkatkan aktifitas baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor siswa sehingga prestasi belajar pada akhir siklus II dapat dikategorikan tuntas belajar.
MIPA0312031 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain