Skripsi
PENGARUH SIKAP DAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI PENGAJARAN MIKRO MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2011/2012)
ABSTRAK
HERMANSYAH, AKHMAD. 2012. Pengaruh Sikap dan Kemampuan Dasar Matematika terhadap Prestasi Pengajaran Mikro Matematika (Studi Penelitian pada Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2011/2012)
Skripsi. Pendidikan Matematika. Dra.Eleonora DW,M.Pd. A. Nina Rosana C, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : sikap, kemampuan dasar matematika, prestasi
Sikap dan kemampuan dasar matematika merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi prestasi pengajaran mikro matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh sikap terhadap prestasi pengajaran mikro matematika, untuk membuktikan adanya pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi pengajaran mikro matematika dan untuk membuktikan adanya pengaruh sikap dan kemampuan dasar matematika terhadap prestasi pengajaran mikro matematika, serta untuk mengetahui besar tingkat pengaruh yang diberikan sikap dan kemampuan dasar matematika terhadap prestasi pengajaran mikro matematika mahasiswa semester V program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal tahun akademik 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal tahun akademik 2011/2012 sebanyak 141 mahasiswa yang terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 40% dari setiap kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji liliefors dan uji bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap prestasi pengajaran mikro matematika dengan tingkat pengaruhnya sebesar 34,69%. Kemudian diketahui ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan dasar matematika terhadap prestasi pengajaran mikro matematika dengan tingkat pengaruhnya sebesar 45,43%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang signifikan antara sikap dan kemampuan dasar matematika terhadap prestasi pengajaran mikro matematika dengan tingkat pengaruh yang diberikan sebesar 65,13% pada mahasiswa semester V program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal tahun akademik 2011/2012.
ABSTRACT
MIPA0312032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain