Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah Kluwut Brebes Tahun Pelajaran 2010/ 2011)
ABSTRAK
TIAS ARIF GUNAWAN. 2012. “Kefektifan Pembelajaran Matematika dengan Strategi Student Team Heroic Leadership dengan Pemberian Tugas Terstruktur terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah Kluwut Brebes Tahun Ajaran 2010/2011)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. A. Nina Rosana C, M.Si., Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Keefektifan Strategi Student Team Heroic Leadership dan Pemberian Tugas Terstruktur, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar Matematika
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Strategi Student Team Heroic Leadership dan Pemberian Tugas Terstruktur dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kluwut Brebes Tahun Ajaran 2010/2011 pada materi pokok kubus dan balok.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kluwut Brebes Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Strategi Student Team Heroic Leadership dengan pemberian tugas terstruktur dan strategi pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kluwut Brebes. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung Kelompok F1 = 1372,800 lebih besar dari Ftabel pada taraf nyata α = 5% sebesar 161, dan Fhitung Perlakuan F2 = 580,133 lebih besar dari Ftabel pada nyata yang sama yaitu 161. Jadi Ho ditolak yaitu ada perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi Student Team Heroic Leadership dan pemberian tugas terstruktur berdasarkan kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.
MIPA0312033 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain