Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING ) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA SD NEGERI MUNDU 02 KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
HERU SETIANTO, 2011. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SD Negeri Mundu 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dr. Yayat Hidayat, M.Pd, Drs. Budiyono. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning),
Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi karena prestasi belajar memegang peranan yang besar dalam pencapaian keberhasilan. Seseorang yang memiliki kemampuan akademik baik, tetapi ia kesulitan mengendalikan dan memacu dirinya untuk maraih prestasi yang maksimal akan sukar mencapai kesuksesannya. Ini menunjukan bahwa prestasi menjadi faktor yang penting untuk dikembangkan.
Sebagai Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SD Negeri Mundu 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes tahun ajaran 2010 / 2011 dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 128 siswa . adapun sampelnya adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling cara undian.
Metode penelitian dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian didapat hasil yang signifikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mundu 02 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes.
Implikasi hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan masukan guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan Mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerja sama dan kolaborasi. Keterampilan-keterampilan sosial penting dimiliki olah siswa sebagai bekal untuk hidup dalam lingkungan sosialnya.
PE0312005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain