Skripsi
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH AUTHORITATIVE ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 1 BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRACT
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi motivasi belajar peserta didik dengan pola asuh authoritative orang tua dan untuk mengetahui apakah keduanya saling berhubungan.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : bahwa motivasi belajar peserta didik berhubungan dengan pola asuh authoritative orang tua
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 1 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 120 peserta didik yang terbagi dalam empat kelas. Pengambilan sampel menggunakan angket, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rtabel dengan N = 30, taraf signifikan 5% sebesar 0,361 kemudian dikonsultasikan dengan rhitung sebesar 0,638. Maka hasilnya adalah rhitung lebih besar dari rtabel . Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa penelitian diterima.
Dengan demikian dari hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada hubungan pola asuh authoritative orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”. Ini berarti peserta didik dengan pola asuh authoritative orang tua meningkat dalam motivasi belajarnya.
BK0312028 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain