Skripsi
STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE DRILL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Siswa Kelas X SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
JAMALUDIN. 2012. “Studi Komparasi Prestasi Belajar Matematika pada Siswa yang Diajar Menggunakan Metode Tutor Sebaya dengan Metode Drill Ditinjau Dari Kemampuan Awal (Siswa Kelas X SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Pendidikan Matematika. A. Nina Rosana C, M.Si. Drs. H. Paridjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Metode Drill, Kemampuan Awal, Prestasi belajar, Anava
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika dan untuk mengetahui prestasi belajar matematika mana yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan metode tutor sebaya dengan metode drill ditinjau dari kemampuan awal pokok bahasan program linier siswa kelas X SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 128 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas uji coba dan kelas X-2 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1, kelas X-2 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda pembeda, tingkat kesukaran dan uji kesetaran soal. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil analisis uji ANAVA diperoleh Fhitung kelompok F1 = 6,466 lebih besar dari Ftabel pada taraf nyata α = 5% sebesar 4,00, Fhitung kelompok F2 = 42,841 lebih besar dari Ftabel pada taraf nyata α = 5% sebesar 4,00, dan Fhitung kelompok F3 = 12,721 lebih besar dari Ftabel pada nyata yang sama yaitu 4,00, jadi Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan program linier pada siswa yang diajar menggunakan metode tutor sebaya dengan metode drill ditinjau dari kemampuan awal, siswa kelas X SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Pelajaran 2010/2011 dan Prestasi belajar matematika pada siswa yang diajar menggunakan metode tutor sebaya lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan metode drill pokok bahasan program linier, siswa kelas X SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Pelajaran 2010/2011.
MIPA0312036 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain