Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN MEDIA VIDEO COMPACT DISC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN ALJABAR ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012 )
ABSTRAK
M.ANTON SAFRULLOH. 2012. NPM: 1707501067. “ Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Berbantuan Media Video Compact Disc terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aljabar ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/ 2012 ) ”. Skripsi. Pendidikan Matematika, A.Nina Rosana C, M.Si. Drs.Yuli Witanto. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Keefektifan, Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Berbantuan Video Compact Disc (VCD), Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan (1) Menentukan ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Berbantuan Media Video Compact Disc (VCD) dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok Bahasan Aljabar terhadap Siswa kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012; (2) menentukan hasil belajar mana yang lebih efektif antara model pembelajaran creative problem solving dengan berbantuan media video compact disc dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok bahasan Aljabar terhadap Siswa kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/ 2012 yang terdiri atas 10 kelas sebanyak 390 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B sebagai kelas Eksperimen, kelas VII I dan VII J sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji – t. Dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Ada Perbedaan model pembelajaran creative problema solving dengan berbantuan media video compact disc dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pokok aljabar pada Siswa kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012; (2) Hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan berbantuan media video compact disc lebih efektif daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok bahasan aljabar terhadap Siswa Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012.
MIPA0312037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain