Skripsi
PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK NABATI CHEESECAKE WAFER PADA PT. KALDU SARI NABATI INDO DEPO TEGAL
ABSTRAK
Moh. Farikhin Skripsi, Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Nabati Cheesecake Wafer Pada PT. Kaldu Sari Nabati Indo Depo Tegal , 2012
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan strategi pemasaran yang diberikan PT. Kaldu Sari Nabati Indo Depo Tegal terhadap peningkatan penjualan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Strategi pemasaran berperan terhadap peningkatan penjualan PT. Kaldu Sari Nabati Indo Depo Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di PT. Kaldu Sari Nabati Indo Depo Tegal dan sampelnya berjumlah 99 orang Metode analisis yang digunakan yaitu analisis koefesien korelasi rank spearman, analisis koefesien determinasi dan uji hipotesis koefisien korelasi rank spearman. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner langsung ke objek penelitian.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa diperoleh rs sebesar 0,762 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara strategi pemasaran dengan tingkat penjualan. Artinya apabila strategi pemasaran tepat maka tingkat penjualan akan naik, demikian juga apabila strategi pemasaran tidak tepat maka tingkat penjualan akan turun.
Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh Z hitung = 7,543 lebih besar dari pada nilai z tabel = 1,9600. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pemasaran dengan tingkat penjualan. Berdasarkan analisis koefesien determinasi diketahui bahwa kontribusi yang diberikan oleh strategi pemasaran adalah sebesar 58,06 %. Nilai ini memberikan pengertian bahwa tingkat penjualan dijelaskan oleh pengaruh strategi pemasaran sebesar 58,06 %. Sedang sisasnya yaitu 41,94 % dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
Kata kunci : Peranan strategi pemasaran, Penjualan
MNJ0312010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain