Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Pangkah Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
ISLAMI, FACHRUL.2012.“Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Media Animasi Flash terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar ( Studi Penelitian Pada Kelas VIII Semester GanjilSMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012)”. PendidikanMatematika. Isnani,M.Si. Drs. Ponoharjo, M.Pd. FakultasKeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasPancasaktiTegal.
Kata Kunci : Efektifitas, Media Animasi Flash, Motivasi belajar, Hasil belajar, faktorisasi suku aljabar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan media animasi flashdengan siswa yang diberi pembelajaran dengan tidak menggunakan media pembelajaran serta manakah yang lebih efektif antara pembelajaran dengan media animasi flashjika dibandingkan dengan pembelajaran dengan tidak menggunakan media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematikasiswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar.
Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VIII di SMP Negeri 3 PangkahKabupatenTegaldenganjumlahpopulasi238siswa.Sampeldalampenelitianinidiambildenganteknikcluster random sampling, terpilihkelas VIII Bsebanyak40siswasebagaikelaseksperimendankelas VIII Esebanyak40siswasebagaikelaskontrol, kelas VIII Asebanyak40siswasebagaikelasujicoba. Metodepengumpulan data yang digunakanadalahmetodedokumentasi, metode tesdanmetode angket.Teknikanalisis data menggunakanujiManovadanuji T2 Hotelling, Sebelumnya data diujidenganujiLilieforsdanujiBartletuntukmengetahuinormalitasdanhomogenitas data.
Hasil penelitian diperoleh adanya perbedaan motivasi belajar dan hasil belajarmatematika siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten TegalTahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan media animasi flash dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Dan diperoleh pembelajaran dengan media animasi flashlebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan tidak menggunakan media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar.
MIPA0312038 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain