Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PELUANG (Studi Penelitian pada Siswa Kelas XI Semester II SMK Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
AFRIYANI, AKHMAD. 2012.“Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Peluang (Studi Penelitian pada Siswa Kelas XI Semester II SMK Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Drs. H. Paridjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universita Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Penalaran, Hasil Belajar, Manova
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada perbedaan kemampuan penalaran dan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi pokok peluang siswa kelas XI semester II SMK Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, penelitian ini juga menentukan manakah yang lebih tinggi kemampuan penalaran dan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi pokok peluang siswa kelas XI semester II SMK Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal dengan jumlah populasi 225 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI TKR 1 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol, kelas XI TKR 3 sebanyak 38 siswa sebagai kelas uji coba. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemampuan penalaran dan tes hasil belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrumen diteskan kepada 38 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sample penelitian ini. Analisis data mengggunakan Analisis Ragam Multivariate (MANOVA) dilanjutkan analisis uji T2-Hotelling yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan kemampuan penalaran dan hasil belajar pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi pokok peluang siswa kelas XI semester II SMK Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, penelitian ini juga menunjukan kemampuan penalaran dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi pokok peluang siswa kelas XI semester II SMK Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
MIPA0312039 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain