Skripsi
KEEFEKTIFAN MAJALAH DINDING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA 1 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ABSTRAK
AISAH. 2012. Skripsi. “Keefektifan Majalah Dinding dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : majalah dinding, kreativitas menulis cerpen
Dalam perkembangan Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan oleh pemerintah menghendaki terwujudnya suasana yang menarik agar siswa dapat mengembangkan potensi dirinya. Salah satu bentuk yang menarik dan strategis dalam proses pembelajaran keterampilan menulis cerpen adalah penggunaan fasilitas majalah dinding (mading) sebagai media untuk mengasah kemampuan menulis cerpen pada siswa. Dari majalah dinding inilah siswa dapat berkreasi dalam mencurahkan karya-karyanya dengan keterampilan menulis khususnya cerpen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan majalah dinding dalam meningkatkan kreativitas menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu suatu cara mengetahui perubahan kreativitas menulis cerpen sebelum dan sesudah adanya kegiatan majalah dinding, dengan populasi 133 siswa dan sampel 15% x 133 = 20 siswa kelas XI SMA 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes.
Dari penelitian tersebut dihasilkan kreativitas siswa kelas XI SMA 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam menulis cerpen sebelum diadakan majalah dinding dalam kriteria cukup sebanyak 12 siswa atau 60% dan setelah diadakan kegiatan majalah dinding keadaan kreativitas menulis cerpen meningkat menjadi baik sebanyak 14 siswa atau 70%. Kemudian keefektifan penggunaan majalah dinding dalam meningkatkan kreativitas menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 dilihat dari perubahan mean sebelum dan sesudah diadakan kegiatan permadingan yaitu dengan rumus t-test. Dari perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 8,406. Dengan demikian thitung = 8,406 > ttabel = 2,086. Artinya hipotesis penelitian diterima “Penggunaan majalah dinding efektif dalam meningkatkan kreativitas menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”
Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan guru dapat mengembangkan teori pembelajaran dan mempertinggi interaksi belajar mengajar terutama dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui kegiatan majalah dinding.
PBSI0312022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain