Skripsi
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE TCL (Teacher Centered Learning) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK AL-IKHLASH KOTA TEGAL (PTK Pembelajaran Matematika Subpokok Bahasan Trigonometri)
ABSTRAK
HARLINAWAN, EDDHO. 2012. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode TCL (Teacher Centered Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Al-Ikhlash Kota Tegal (PTK Pembelajaran Matematika Subpokok Bahasan Trigonometri)”. Skripsi. PendidikanMatematika. Prof. Dr. H. Tri Jaka K., M.Si. M. Shaefur Rokhman, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pemahaman, tindakan kelas, dan prestasi belajar matematika
Rendahnya hasil belajar pada materi Trigonometri salah satu penyebabnya. Kesulitan yang dihadapi adalah memahami sinus, cosinus dan tangen secara benar pada papan tulis maupun buku. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetetahui apakah metode TCL (Teacher Centered Learning) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika ?
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan metode TCL (Teacher Centered Learning). Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, di dalam tiap siklus terdapat langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Populasi pada penilitian ini adalah seluruh kelas XI yang berjumlah 39 siswa dan siswi.
Berdasarkan analisis data terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang sebelumnya rata-rata sebesar 67,69 dan rata-rata meningkat menjadi sebesar 82,03. Proses belajar mengajar dengan menggunakan model TCL (Teacher Centered Learning) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar pada subpokok bahasan Trigonometri.
MIPA0312041 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain