Skripsi
PELAKSANAAN KONSELING AGAMA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SANTUN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
ABSTRAK
MARROH LAELATUL, 2005. NPM: 1105500762, Judul Skripsi Pelaksanaan Konseling Agama terhadap Perubahan Perilaku Santun Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, Skripsi Bimbingan Dan Konseling Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, M.M. Suriswo, S.Pd., M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci :Konseling Agama dan Perubahan Perilaku Santun
Konseling agama memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perubahan perilaku santun anak. Permasalahan yang terjadi adalah Apakah ada pengaruh pelaksanaan konseling agama secara baik terhadap bentuk perilaku santun bagi siswa di SMP Muhammadiyah Adiwerna Kabupaten Tegal. Adapun Tujuan yang ingin dicapai adalah ingin mengetahui pengaruh pelaksanaan konseling agama terhadap bentuk perilaku santun siswa di SMP Muhammadiyah Adiwerna Kabupaten Tegal. Dalam penelitian ini hanya ditujukan pada peserta didik yang memiliki perilaku yang kurang santun saja, maka sampel cukup diambil antara 10-25 persennya. Berdasarkan pendapat tersebut maka ditemukan 30 peserta didik yang memiliki kreteria yang peneliti maksud dengan tekhnik purposive randome sampling.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui metode angket,wawancara,dan metode dokumentasi.
Pelaksanaan layanan konseling agama, ditemukan data sebagai berikut 30 siswa menunjukkan angka ketercapaian dengan kriteria sangat tinggi di mana terdapat 1 peserta didik sebesar 3,33%, kriteria tinggi terdapat 12 peserta didik sebesar 39,96%, kriteria cukup terdapat 11 peserta didik sebesar 36,63%, kriteria sedang terdapat 5 peserta didik sebesar 16,65%, kriteria kurang terdapat 1 peserta didik sebesar 3,33%, sehingga layanan konseling agama terhadap perubahan perilaku santun peserta didik pada dasarnya tergolong tinggi, peserta didik lebih sadar kepemilikan kesadaran terhadap perilaku santunnya dan bisa menyikapi permasalahan perilaku yang dihadapinya dengan baik, persepsi siswa memiliki kesepakatan yang tinggi ini berarti bahwa konseling agama pada siswa bermanfaat bagi perubahan perilakunya.
Perubahan perilaku santun siswa ditemukan angka ketercapaian dengan kriteria di atas tinggi, ditunjukkan dengan kriteria sangat santun terdapat 12 peserta didik sebesar (39,96%), kategori santun sebanyak 12 (39,96%), kategori cukup santun sebanyak 4 siswa (13,32%), kategori kurang santun sebanyak 2 siswa (6,66%). Ini berarti skala maksimal pada setiap item, persepsi siswa memiliki kesepakatan yang amat tinggi berarti dapat disimpulkan bahwa dengan konseling agama yang baik akan mencerminkan peningkatan perubahan perilaku dari kurang santun menjadi berperilaku santun. Hasil korelasi kedua variabel dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh nilai rxy sebesar 0.414, kemudian dikonsultasi- kan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel N = 30 maka didapatkan rtabel = 0,361, jika rhitung > rtabel yaitu 0.414 > 0,361 berarti hipotes kerja yang menyatakan “Ada pengaruh pelaksanaan konseling agama terhadap perubahan perilaku santun siswa kelas VIII SMP Muhammadiyyah Adiwerna Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011”.
Disarankan siswa mampu memahami dan menyadari bahwa manusia harus memiliki sebuah etika dalam berbagai hal terutama berperilaku santun di sekolah dengan siapa saja baik dengan guru, kepala sekolah, karyawan atau dengan sesama teman baik dalam kelas maupun di luar kelas agar terbina karakter beretika yang santun dan cerdas
BK0312030 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain