Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Irsyad Tegal Tahun Ajaran 2010/2011)
ABSTRAK
PURNOMO, YANIE. 2011. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Irsyad Tegal Tahun Ajaran 2010/2011)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si.,Drs. Ponoharjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PancasaktiTegal.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.
Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu :Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih efektif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa daripada model pembelajaran konvensional?. Mengacu pada permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan model pembelajarankonvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Al-Irsyad Tegal tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri atas 3 kelas sebanyak 90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen,yaitu kelas yang diberi model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) , kelas VIIIB sebagai kelas control, yaitu kelas yang diberi model pembelajaran konvensional, dan kelas VIIIC sebagai kelas uji coba, yaitu kelas yang digunakan untuk uji coba soal tes prestasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dan tes.Hipotesis diuji menggunakan rumus t-test. Hasil analisis uji-t pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis yaitu thitung > ttabel yaitu 6,41> 2,00 sehingga Ho ditolak dan menerima Ha.
Simpulan yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian pada pembelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Tegal, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih efektif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa daripada model pembelajaran konvensional.
MIPA0312042 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain