Skripsi
PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PERANAN KONSELOR DALAM PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI. 1 SMK MUHAMMADIYAH PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
HIDAYAH, NURUL. 2011. Persepsi Peserta Didik tentang Peranan Konselor Dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Individual pada Peserta Didik Kelas XI. 1 SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bimbingan dan Konseling, Dr. Hj. Sitti Hartinah, D.S., MM., Suriswo, M.Pd., Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Persepsi Peserta Didik tentang Peranan Konselor, Layanan Konseling Individual.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan konseling individual pada peserta didik kelas XI. SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011?; 2) Bagaimanakah peran konselor dalam pelaksanaan layanan konseling individual pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011?; 3) Apakah ada persepsi yang positif dari peserta didik terhadap peran konselor dalam pelaksanaan layanan konseling individual pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan konseling individual pada peserta didik kelas XI. SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011; 2) Untuk mengetahui peran konselor dalam pelaksanaan layanan konseling individual pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011; 3) Untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap peran konselor dalam pelaksanaan layanan konseling individual pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 142 anak, yang terbagi dalam empat kelas. Dari 142 responden tersebut diambil 28% sebesar 40.
Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik dengan layanan konseling individual pada peserta didik Kelas XI SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil perhitungan analisis statistik diperoleh nilai rxy sebesar 0,770. Harga rxy tersebut dikonsultasikan dengan harga rtabel N = 40 taraf signifikan 1% sebesar 0,403. Hasilnya adalah rxy > rtabel pada taraf signifikan 1% atau 0,770 > 0,403. Hal ini berarti bahwa hipotesis kerja yang diajukan terbukti signifikan atau dapat diterima dan hipotesis nihil ditolak. Persentase persepsi peserta didik sebesar 88,34%, sedangkan persentase layanan konseling individual sebesar 88,91%.
BK0312031 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain