Skripsi
SEMIOTIKA DALAM PUISI “DIPONOGORO“ KARYA CHAIRIL ANWAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP
ABSTRAK
AMINUDIN 2012. Semiotika Dalam Puisi “Diponegoro” Karya Chairil Anwar dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Pembimbing I Drs. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Semiotika Dalam Puisi Diponegoro Karya Chairil Anwar dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP”. Dari rumusan masalah di atas, maka dapat disimpulkan tujuan penelitian ini mendeskripsikan puisi “Diponegoro” dilihat dari Semiotika Heuristik, semiotika Heuristik dan Implikasinya dalam Pembelajaran di SMP.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku yang berjudul Sebuah Pertemuan karya Arief Budiman. Buku tersebut terdiri dari satu buku. Jumlah halaman 127 yang diterbitkan oleh PT. Wacana Bangsa. Cetakan Pertama tahun 1976. Data penelitian ini kutipan teks dalam sebuah pertemuan. Wacana tersebut berupa buku Sebuah Pertemuan Arief Budiman. Dengan demikian yang dianalisis merupakan semiotika dalam puisi “Diponegoro” karya Chairil Anwar dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Observasi dengan teknik baca simak dan catat. Analisis data dilakukan dengan Teknik Deskriptif yakni semiotika Diponegoro karya Chairil Anwar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMP. Teknik penyajian data menggunakan metode informal karena hasil analisis data tidak hanya disajikan dalam Deskripsi secara verbal tetapi dapat pula dengan tanda-tanda atau simbol untuk memperlajari kajian.
Pembahasan hasil penelitian semiotika dalam puisi Diponegoro karya Chairil Anwar meliputi : 1) Mendeskripsi semiotika heuristik puisi “Diponegoro” karya Chairil Anwar 2) Mengidentifikasi semiotika hermeniutika puisi Diponegoro karya Chairil Anwar 3) Memberikan implikasi bagi pembelajaran sastra di SMP.
PBSI0312023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain